Penjelasan Mandiri Internet Banking Beserta Aktifasinya Terbaru 2020

Mandiri Internet Banking – Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memudahkan para nasabahnya. Bagi Anda yang saat ini menjadi nasabah Bank Mandiri pasti tahu layanan ini. Ya, Internet Banking Mandiri. Pada layanan ini, Bank Mandiri membantu para nasabahnya untuk dapat melakukan kegiatan perbankan dengan mudah melalui smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Namun, kalau Anda masih belum tahu tentang layanan perbankan yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini, Anda dapat mengikuti pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan Mandiri Internet Banking Beserta Aktifasinya

INTERNET BANKING MANDIRI

Seperti yang sudah diulas sedikit di atas, Mandiri Internet Banking adalah layanan yang diberikan oleh Bank Mandiri berupa kemudahan melakukan kegiatan perbankan melalui jaringan internet. Kegiatan perbankan ini dapat dilakukan selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Selain itu, Anda tidak perlu datang ke kantor cabang atau mesin ATM terdekat untuk melakukan kegiatan perbankan. Anda hanya membutuhkan smartphone atau computer yang terhubung dengan jaringan internet.

Bagi Anda yang ingin mengakses layanan Mandiri Internet Banking, Anda dapat mengunjungi situs resminya di https://ib.bankmandiri.co.id dan Login menggunakan User ID dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Mandiri Mobile Banking

Saat ini, Mandiri telah meluncurkan layanan terbarunya yaitu Mandiri Online. Mandiri Online secara garis besar memiliki fungsi yang sama dengan internet banking Mandiri. Mandiri Online terintegrasi dengan internet banking Mandiri dan juga Mandiri Mobile. Layanan ini diluncurkan dengan tujuan untuk memberikan kepuasan dan juga kemudahan yang lebih maksimal lagi untuk para nasabahnya.

Sehingga pada intinya Mandiri mobile banking adalah layanan untuk melakukan transaksi perbankan yang dapat diakses melalui handphone. Tapi sebelum Anda dapat menggunakannya, Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini, Anda harus mempunyai User ID dan Password untuk Login.

Bedanya dengan Mandiri Internet Banking adalah mandiri mobile banking dapat diakses melalui handphone atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet dan aplikasinya sudah terdownload. Sedangkan internet banking mandiri hanya bisa diakses melalui browser atau computer.

Menggunakan Mandiri mobile banking dapat dikenakan biaya per transaksinya. Besarnya biaya tergantung pada jenis provider yang digunakan. Biasanya, Anda akan dikenakan biaya Rp 500 per sekali transaksi. Pada transaksi tersebut, Anda akan mendapatkan kode OTP (One Time Password) untuk satu kali transaksi yang berisi 6 digit angka unik.

Situs Mandiri Internet Banking

Sebelum Anda menikmati lebih lanjut layanan mandiri internet banking, ada baiknya Anda mengetahui situs resmi internet banking mandiri. Anda dapat berkunjung ke alamat https://ib.bankmandiri.co.id. Perhatikan setiap penulisan kata, huruf, dan tanda bacanya. Sebab, saat ini rawan terjadi penipuan melalui website tiruan yang dibuat oleh hacker.

Apabila Anda salah dalam menuliskan alamat di atas, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pencurian dana melalui transaksi elektronik ini.

Cara Daftar Mandiri Internet Banking

Untuk dapat menikmati layanan mandiri internet banking, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar melalui Customer Service dengan datang ke kantor cabang terdekat. Customer Service akan membantu Anda hingga semua prosesnya selesai.

Daftar Mandiri Internet Banking Melalui Mesin ATM

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pendaftaran melalui mesin ATM seperti cara di bawah ini:

  1.  Masukkan kartu ATM Anda seperti biasa
  2.  Kemudian, Anda akan melihat beberapa pilihan menu yang ada pada layar mesin ATM
  3.  Pilih Transaksi Lainnya, lalu Pendaftaran E-Banking, dan pilih lagi Internet Banking
  4.  Setelah itu, Anda akan melihat halaman syarat dan ketentuan yang harus Anda setujui. Sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku
  5.  Kemudian buatlah password internet banking Anda yang terdiri dari 6 digit angka. Buat password yang unik dan mudah diingat
  6.  Tekan tombol Benar jika Anda sudah selesai membuat password
  7.  Lakukan konfirmasi password yang telah Anda buat sebelumnya
  8.  Tekan tombol Benar
  9.  Jika semua proses di atas telah selesai Anda lakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan sebuah struk yang keluar dari mesin ATM. Simpan struk tersebut untuk melakukan aktivasi internet banking.

Aktivasi Internet Banking

Setelah Anda melakukan tahap pertama seperti langkah-langkah di atas, tahap kedua adalah melakukan aktivasi internet banking di website resminya.

  •  Kunjungi situs resminya di https://ib.bankmandiri.co.id
  •  Setelah itu, Anda akan melihat sebuah tampilan yang berisikan Login pada bagian atas, pengguna baru di bagian kiri bawah, dan lupa User ID/PIN di bagian kanan bawah. Pilih Pengguna Baru

  •  Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan Access ID atau 16 digit nomor yang ada pada kartu ATM Anda dan Access Code Internet Banking yaitu password yang sudah Anda daftarkan di mesin ATM tadi sebanyak 6 digit

  •  Kemudian pilih Aktifkan
  •  Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat User ID dan Password baru untuk dapat menggunakan layanan internet banking. User ID dan Password ini yang harus Anda ingat agar Anda bisa melakukan Login kedepannya
  •  Anda sudah dapat menggunakan layanan mandiri internet banking

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran mandiri internet banking, sebaiknya Anda menanyakannya langsung ke kantor cabang agar tidak terjadi kesalahan saat proses pendaftaran.

Proses di atas hanya memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi non finansial saja. Apabila Anda ingin menikmati transaksi finansial, ikuti langkah di bawah ini:

  1.  Datanglah ke kantor cabang terdekat untuk membeli token PIN. Token ini digunakan untuk melakukan transaksi finansial seperti transfer dana, membayar tagihan, atau untuk berbelanja
  2.  Siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti buku tabungan, kartu identitas, dan kartu ATM
  3.  Kemudian isi formulir pendafaran
  4.  Anda akan diminta untuk membeli token tersebut. Karena token ini tidak didapatkan secara gratis
  5.  Setelah itu, lakukan aktivasi melalui website resmi internet banking
  6.  Login terlebih dahulu menggunakan User ID dan Password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya
  7.  Lalu pilih menu Administrasi
  8.  Pilih Aktivasi Token PIN Mandiri
  9.  Hidupkan token dan masukkan 6 digit PIN
  10.  Sesaat kemudian akan muncul tulisan APPLI
  11.  Lalu tekan angka 2
  12.  Kemudian akan muncul 6 digit angka di layar token
  13.  Masukkan angka tersebut ke halaman website yang sudah kamu buka
  14.  Setelah itu, pilih Benar

Sekarang, Anda tidak hanya bisa melakukan transaksi non finansial saja, akan tetapi Anda juga dapat melakukan transaksi finansial melalui layanan Mandiri Internet Banking.

Mandiri Internet Banking Login

Apabila Anda telah berhasil melalui serangkaian tahapan pendaftaran seperti di atas, maka saat ini Anda dapat menikmati layanan internet banking mandiri dengan cara Login terlebih dahulu. Beirkut tata cara Login di Mandiri Internet Banking:

  •  Kunjungi situs resmi Mandiri Internet Banking di https://ib.bankmandiri.co.id
  •  Kemudian, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini

"Gambar

  •  Masukkan User ID dan Password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya
  •  Lalu klik Kirim
  •  Jika User ID dan Password yang Anda masukkan benar, Anda sudah dapat menikmati beragam fitur yang ada pada layanan internet banking mandiri ini.

Sangat mudah bukan?

Mandiri Internet Banking Bisnis

Salah satu jenis layanan mandiri internet banking adalah mandiri internet bisnis. Sesuai dengan namanya, layanan Mandiri Internet Banking ini dikhususkan untuk nasabah bisnis. Nasabah bisnis yang dimaksud di sini adalah nasabah bisnis perorangan atau bisa juga perusahan, tapi perusahan yang masih dikategorikan sebagai perusahaan kecil dan menengah.

Dalam layanan ini, bagi Anda nasabah bisnis dapat menikmati beberapa layanan yang disediakan seperti transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian) dan transaksi non finansial (cek saldo, mutasi rekening, cek deposito).

Manfaat Mandiri Internet Banking Bisnis

Apabila Anda adalah nasabah bisnis dan ingin menggunakan layanan Mandiri Internet Banking Bisnis, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan ini:

  1.  Tentunya, dengan kemudahan akses dalam menggunakan layanan Mandiri Internet Banking Bisnis ini, Anda dapat pula dengan mudah mengatur segala jenis transaksi keuangan yang berkaitan dengan perusahan Anda
  2.  Selain itu, Anda akan lebih hemat waktu dan tenaga tanpa harus repot-repot mendatangi kantor cabang atau mesin ATM terdekat untuk melakukan kegiatan perbankan. Sebab, Anda bisa langsung melakukan kegiatan perbankan di mana saja dan kapan saja
  3.  Menggunakan layanan Mandiri I Banking Bisnis juga akan menguntungkan bagi Anda dan perusahaan Anda. Karena Anda tidak akan dikenakan biaya bulanan. Selain itu, Anda dapat mengatur sendiri limit transaksi per hari dari setiap fitur yang ada pada layanan internet banking sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda
  4.  Dan yang terakhir adalah keamanan yang terjamin. Sebab, layanan Mandiri I Banking Bisnis telah dilengkapi dengan sistem keamanan seperti SSL Selain itu, nasabah hanya bisa menggunakan layanan ini jika telah mengisi data Company ID, User ID, dan Password yang sudah terdaftar. Kemudian, sistem keamaan diperkuat dengan adanya token untuk melakukan transaksi perbankan

Registrasi Mandiri I Banking Bisnis

Setelah mengetahui apa itu Mandiri Internet Banking Bisnis dan seberapa besar keuntungannya, apakah Anda tertarik untuk melakukan registrasi ke dalam layanan ini? Sebaiknya Anda mempertimbangkannya dengan baik-baik. Menggunakan layanan ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan Anda kedepannya. Terlebih lagi jika usaha Anda semakin maju dan transaksi keuangan semakin ramai. Apa Anda masih punya banyak waktu untuk mengelola transaksi keuangan perusahaan dengan cara konvensional?

Tapi, jika Anda berminat untuk melakukan registrasi Mandiri Internet Banking Bisnis, ikuti petunjuk di bawah ini:

  1.  Silahkan Anda mengunjungi kantor cabang terdekat untuk melakukan registrasi
  2.  Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu beberapa dokumen yang diperlukan seperti:
  •  KTP dan Buku Tabungan nasabah
  •  KTP, Buku Tabungan, dan Surat Kepemilikan untuk nasabah perusahaan
  1.  Lalu, isi form registrasi dengan data yang sebenar-benarnya
  2.  Jika sudah melakukan ketiga tahap di atas, nantinya Anda akan diberikan starter pack yang berisi buku panduan dan juga token. Akan tetapi starter pack ini baru bisa diambil setelah 14 hari kerja di kantor cabang tempat Anda melakukan registrasi
  3.  Tidak hanya itu, Anda juga akan diberikan data berupa Company ID, User ID, dan Password first time login. Data tersebut akan dikirimkan melalui e-mail Anda
  4.  Sedangkan untuk transaksinya, Anda dapat mengunjungi situs resminya di https://mib.bankmandiri.co.id/sme

User ID dan Password

Dalam menggunakan layanan Mandiri Internet Banking Bisnis ini, ada dua hal yang harus Anda pahami dengan benar mengenai User ID dan juga Password. Sebab, kedua komponen ini memiliki peranan yang sangat penting dalam penggunaan layanan internet banking Anda.

  1.  User ID dan Password adalah identitas rahasia. Sehingga secara otomatis Anda tidak diperkenankan untuk memberitahukan User ID dan Password ini kepada siapa pun juga. Sebab apabila terjadi penyalahgunaan terhadap User ID dan Password tersebut, resiko ditanggung oleh Anda dan pihak bank tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas kelalaian yang telah terjadi
  2.  Dan, Anda diwajibkan untuk mengganti Password secara berkala untuk menghindari terjadinya pencurian yang memanfaatkan transaksi elektronik

Berdasarkan pertimbangan di atas, disarankan untuk memilih Password dan User ID yang mudah diingat dan juga unik. Tujuannya tentu saja demi keamanan Anda sebagai pengguna dan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan yang tidak diinginkan yang dapat merugikan Anda dan perusahaan Anda.

Penghentian Layanan Mandiri I Banking Bisnis

Dalam prakteknya, Anda mungkin saja tidak bisa mengakses layanan internet bisnis seperti biasanya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:

  1.  Anda sendiri yang memutuskan untuk tidak menggunakan kembali layanan ini dengan membuat pernyataan tertulis
  2.  Adanya suatu hokum atau peraturan yang mewajibkan untuk menutup layanan mandiri internet bisnis
  3.  Anda telah menutup seluruh rekening yang ada kaitannya dengan mandiri internet bisnis
  4.  Dan, apabila Anda salah memasukkan password sebanyak 3 kali berturut-turut

Apabila pada suatu waktu Anda ingin mengaktifkan kembali layanan mandiri internet bisnis, Anda dapat menghubungi Call Center Bank Mandiri di 1500150 atau 14000 atau menghubungi cabang tempat Anda melakukan registrasi mandiri internet bisnis.

Baca juga : 

Mandiri I Banking INDIVIDUAL

Selain mandiri internet banking bisnis, ada layanan lain dari Mandiri I Banking yaitu internet banking individual. Layanan ini berbeda dengan mandiri internet bisnis, ditinjau dari fungsi dan target penggunanya.

Pada layanan jenis ini, dikhususkan untuk nasabah personal dan bukan digunakan untuk nasabah bisnis. Sesuai dengan namanya, layanan internet banking individual membantu mengelola keuangan yang bersifat personal.

Kelebihan Mandiri I Banking

Tentunya, layanan ini dapat memberikan beraneka ragam keuntungan bagi Anda dalam mengelola keuangan personal Anda. Beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  1.  Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengantre di mesin ATM atau kantor cabang terdekat untuk melakukan transaksi perbankan. Karena Anda dapat melakukannya sendiri di mana saja dan kapan saja. Tentunya Anda bisa menghemat waktu lebih banyak dan bisa menggunakannya untuk kegiatan yang selainnya
  2.  Fitur yang ditawarkan oleh layanan internet banking sangat mudah digunakan. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengoperasionalkannya
  3.  Anda juga dapat memantau setiap transaksi yang ada pada rekening Anda setiap saat. Karena layanan internet banking dapat Anda akses selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Apabila ada transaksi yang mencurigakan, Anda akan segera mengetahuinya
  4.  Selain itu, Anda dapat menggunakan layanan ini sebagai pembukuan pribadi Anda. Karena melalui fitur ini, Anda dapat melakukan transaksi non finansial seperti informasi saldo dan mutasi rekening

Kekurangan Mandiri I Banking

Walaupun layanan Mandiri Internet Banking telah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabahnya, akan tetapi layanan perbankan yang canggih ini memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1.  Rawan terjadinya pencurian melalui transaksi internet banking. Sebab, hacker semakin pandai mengelabuhi mangsanya. Salah satu trik yang biasa digunakan oleh hacker adalah memanipulasi website resmi bank. Mereka membuat website tiruan yang 99% sama persis dengan website resmi. Akan tetapi jika Anda lebih jeli dalam memperhatikannya, biasanya perbedaannya terletak pada alamat websitenya. Mungkin ada salah satu huruf yang double atau penggunaan tanda baca lainnya. Anda harus memastikan bahwa alamat resmi internet banking mandiri adalah https://ib.bankmandiri.co.id
  2.  Meskipun ini era serba canggih, akan tetapi masih saja ada nasabah yang ketinggalan zaman. Mereka masih menggunakan cara konvensional dengan mendatangi kantor cabang terdekat atau mesin ATM untuk melakukan kegiatan perbankan
  3.  Tidak semua kegiatan perbankan bisa dilakukan menggunakan layanan internet banking. Contohnya saja adalah penarikan tunai. Anda tetap harus mendatangi kantor cabang atau mesin ATM terdekat untuk melakukan transaksi tarik tunai
  4.  Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan setor tunai. Karena setor tunai hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang atau mesin ATM. Kecuali apabila Anda ingin menambah saldo dari rekening lain