Bagaimana Cara Mengatasi Saat Lupa PIN ATM? Dan Tips Agar Tidak Lupa PIN ATM

Lupa PIN ATM – PIN atau singkatan dari Personal Identification Number merupakan enam digit angka yang menjadi pengaman ketika Anda sedang melakukan transaksi dengan menggunakan kartu ATM atau kartu Kredit Anda. Untuk transaksi dengan menggunakan Kartu Kredit, maka Anda bisa diberikan berbagai pilihan apakah akan meneruskan transaksi dengan menggunakan PIN ataukah hanya dengan tanda tangan saja. Sehingga jika Anda lupa PIN kartu kredit, maka Anda masih dapat untuk meneruskan transaksi dengan cara menandatangani print out yang keluar dari mesin EDC.

Namun tidak demikian halnya dengan kartu ATM. Jika Anda lupa dengan PIN kartu ATM. Entah itu lupa pin atm bri, lupa pin atm bni, lupa pin atm mandiri, lupa pin atm bca, lupa pin atm cimb niaga ataupun lain sebagainya. Maka kartu ATM ini tidak dapat untuk digunakan sama sekali baik untuk transaksi di ATM ataupun gesek di mesin EDC. Sehingga untuk jalan satu-satunya agar kartu ATM ini dapat dipergunakan kembali adalah cara dengan mendatangi langsung Bank dimana Anda menabung dan juga meminta pegawai Bank untuk segera menyelesaikan masalah Anda. Dan untuk kamu yang sedang mencari tahu bagaiana solusi yang harus di pakai pertama kali saat berhadapan dengan situasi tersebut. Maka dutaperbankan akan menjelaskan secara lengkap dan akan saya tanbahkan juga mengenai tips agar Anda tidak lupa PIN ATM, jika lupa pin atm selalu mengganggu Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Saat Lupa PIN ATM?

Bagaimana Cara Mengatasi Saat Lupa PIN ATM Dan Tips Agar Tidak Lupa PIN ATM

Pertama yang perlu Anda siapkan pertama kalinadalah kartu ATM Anda, KTP, Buku Tabungan serta uang secukupnya. Silahkan langsung pergi ke Bank terdekat dengan tempat tinggal Anda. Setelah itu, maka Anda dapat segera mengambil antrian di Customer Service (CS), dan setelah itu menunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil.

Setelah sampai di meja Customer Service, CS akan segera memberikan Anda sejumlah formulir yang harus Anda isi yang akan menandakan bahwa Anda akan melakukan perubahan reset PIN kartu ATM Anda pada hari itu di Bank. Setelah itu, CS juga akan meminta Kartu ATM, KTP dan Buku Tabungan serta pastinya akan  melakukan pemeriksaan apakah benar memang Anda sebagai pemilik rekening tersebut.

Selanjutnya, CS selanjutnya akan melakukan proses reset PIN yaitu PIN kartu ATM Anda dikembalikan lagi menjadi PIN awal. Untuk Bank BRI – misalnya, untuk PIN awal adalah 123456. Setelah PIN Kartu ATM Anda ini direset ke PIN awal, maka selanjutnya Anda diminta untuk mengganti PIN tersebut yang sesuai dengan PIN yang Anda inginkan, melalui mesin EDC yang ada di meja CS.

Ingatlah juga bahwa PIN ATM ini bersifat sangat rahasia. Sangat tidak diperkenankan orang lain untuk mengetahuinya selain Anda sendiri. Bahkan Pegawai Bank sendiri yang membantu Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengetahui PIN kartu ATM nasabahnya.

Setelah PIN baru terekam, Anda juga diperkenankan untuk mencobanya terlebih dahulu pada mesin ATM yang ada di Banking Hall. Jika Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan baik, maka artinya proses penggantian PIN ini telah selesai dan Anda bisa segera menggunakannya secara biasa. Misalnya untuk transfer uang, mengambil uang, setor tunai, cek saldo dan lain sebagainya.

Perlu diingat juga bahwa ada beberapa Bank yang mengenakan biaya atas penggantian PIN ATM Anda ini. Sehingga akan ada baiknya apabila Anda mempersiapkan dana untuk membayar biaya itu. Jangan khawatir juga, karena biaya yang diperlukan sangat terjangkau.

Tips Agar Tak Mudah Lupa PIN ATM

Saat ini jika lupa PIN ATM tentu akan sangat merepotkan. Hal ini karena kartu ATM sendiri memiliki fungsi yang sangat signifikan dalam melakukan berbagai transaksi ATM sampai pembayaran di merchant. Lalu bagaimana jika lupa pin atm dan agar tidak melulu lupa dengan PIN ATM yang Anda gunakan saatini? Terebih lagi jika Anda memiliki lebih dari satu buah kartu ATM tentu akan lebih merepotkan lagi. Berikut ini cara mengatasi lupa pin atm yang bisa membantu Anda agar tidak lupa PIN ATM yang Anda gunakan. Di bawah ini juga solusi lupa pin atm:

1. Jangan Gunakan Tanggal Lahir atau Alamat Rumah

Tips Agar Tak Mudah Lupa PIN ATM

Kenapa? Karena tanggal lahir ini sangat mudah ditebak. Katakanlah jika kartu ATM Anda dicuri oleh seseorang yang telah mengenal Anda. Maka yang pertama akan ia coba adalah enam digit nomor PIN yang sesuai dengan tanggal lahir Anda tentunya. Hal yang sama berlaku juga kepada tanggal lahir anak Anda atau pun tanggal lahir istri atau juga suami Anda. Intinya disini adalah jangan ambil digit nomor PIN dari tanggal lahir orang terdekat Anda, karena akan sangat mudah buat ditebak. Demikian juga dengan alamat rumah karena hal tersebut juga mudah diketahui oleh banyak orang yang mengenal ataupun yang tidak mengenal Anda.

2. Pilih PIN yang Mengingatkan Kepada Sesuatu yang Cuma Anda yang Tahu

Tips Agar Tak Mudah Lupa PIN ATM

Misalnya adalah tanggal dimana anda pertama kali bertemu dengan pacar Anda, atau istri atau pun suami Anda. Ataupun bisa tanggal dimana Anda pertama kali mulai memiliki mobil sendiri ataupun rumah sendiri. Tanggal pertama kali Anda diterima untuk bekerja juga dapat Anda gunakan, karena tidak akan semua orang tahu tanggal-tanggal unik tersebut.

3. Tanggal Lahir Idola Anda

Tips Agar Tak Mudah Lupa PIN ATM

Ini juga dapat Anda gunakan. Pikirkan siapa sih orang terkenal yang menjadi idola Anda saat ini. Katakanlah Anda sangat kagum dengan ilmuwa yang ternama seperti Stephen Hawking. Jadikan tanggal lahirnya sebagai PIN ATM Anda. Atau jika Anda sedang tergila-gila dengan salah satu artis drama Korea. Semisal Lee Jongsuk, Song Joongki, Hyun Bin, Park Sinhye atau Ha Jiwon dan lain sebagainya. Maka Anda bisa juga untuk menggunakan tanggal lahirnya sebagai PIN Anda. Yang perlu Anda lakukan disini adalah jangan sampai orang lain mengetahui bahwa mereka adalah idola Anda saat ini.

4. Simpan PIN Anda

Simpan PIN Anda

Cara menyimpannya juga harus dengan cara yang tidak biasa. Gunakanlah tempat yang terbilang aman seperti folder di laptop Anda maupun dokumen di haandphone Anda. Jangan juga tuliskan nomor PIN ini, namun tulis saja dengan menggunakan kode yang Anda mengerti. Misalnya saja jika Anda memiliki ATM Bank BRI dengan menggunakan nomor PIN yang diambil dari tanggal pertama kali Anda masuk kuliah, maka tinggal tuliskan saja. BRI Universitas Indonesia.

Sehingga jika nantinya Anda lupa PIN Anda, maka Anda akan mengingat bahwa PIN ATM BRI Anda nini adalah tanggal dimana saat pertama kali masuk kuliah di Universitas Indonesia. Demikian juga seterusnya dan cara ini dapat untuk Anda modifikasikan sesuai dengan selera. Cadangkan juga dokumen tersebut di cloud agar nanti tidak hilang ketika HP atau laptop yang Anda gunakan rusak.

Itulah pembahasan yang dapat saya lakukan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Sampa jumpa lagi di pembahasan lainnya di website dutaperbankan. Terima kasih telah membaca.