Simulasi KTA Bank Mandiri Non Payrol Terbaru 2020

KTA Bank Mandiri – Menyikapi berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan sehari – hari sudahlah tentu membutuhkan beberapa instrument pembiayaan yang bisa dicairkan secara cepat tanpa harus menambah masalah. Problem permasalahan ini seakan muncul secara rutin ketika berganti athun, maupun keutuhan yang sifatya mendesak agar di dahulukan berbagai macam prioritas sesuai dengan tingkay kepentingannya.

Lembaga keuangan seperti bank, menangkap ini sebagai sebuah pasar yang kontinu dan tidak akan habis dalam kurun waktu yang pendek. Lembag keuangan ini menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi, yang berarti sebagai penghubung dari kebutuhan finansial masyarakat terhadap lembaga keuangan dengan memegang teguh prinsip kepercayaan dan kehati – hatian. Pada pelaksanaannya Kedua prinsip ini harus digunakan dan diterapkna secara sempurna karena untuk menekan kemungkinan terjadinya resiko yang mungkin kaan terjadi dalam melakukan kegiatan perkreditan.

Seperti banyaknya resiko yang terjadi dari kemungkinan tidak dikembalikannya kredit bantuan perbankkan yang telah diberikan kepada nasabah pencari kredit. Dampak yang paling nyata ketika dana yang disalurkan melalui kredit tidak bisa dikembalikan, tentu saja akan sangat berpengaruh pada kolektabilitas nasabah dan bisa menimbulkan kerugian pada bank sampai dengan mengalami pailit atau bangkrut.

Permasalahannya adalah tidak semua nasabah memiliki asset seperti yang telah disebutkan diatas, karena ukuran untuk menjaminkan asset kepada pihak lembaga keuangan adalah penghasilan rutin yang di dapatkan oleh nasabah.

Beragam jenis profesi yang sifatnya professional serta pengusaha dengan cash flow omset yang dibukukan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh lembaga keuangan, namun tentu saja memperhatikan aspek yang menjadi batasan kemampuan finansial nasabah.

Lembaga keuangan dari pihak perbankkan sebagai contoh adalah bank mandiri yang berdiri sejak 1998 dan merupakan bank nasional terkemuka dengan jumlah nasabah di seluruh wilayah negara kesatuan republic Indonesia dengan jumlah asset terbesar di Indonesia.

Bank mandiri memiiki produk pinjaman kepada nasabahnya baik berupa agunan dan non agunan yang disesuaikan dengan kesepakatan yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Salah satu produk yang non agunan atau jaminan adalah kredit tanpa agunan atau yang lebih familier di sebut dengan nama KTA. KTA adalah salah satu produk pinjaman dari perbankkan yang dapat memberikan fasilitas kredit atau pinjaman tanpa membebankan nasabah atau calon nasabah dengan menjaminkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas keutuhan pinjaman finansial tersebut.

Oleh sebab itu, produk ini merupakan produk yang tidak adanya jaminan yang harus diberikan kepada pihak bank sebagai jaminan pinjaman nasabah.

Sebagai bahan pertimbangan pihak bank untuk mengambil keputusan pemberian kredit, pasti dilakukan pengecekan terhadap pada kredibilitas riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi. Apakah pemohon kredit tergolong baik untuk kredibilitasnya untuk mendapatkan fasilitas pinjaman perbankkan.

Biasanya riwayat kredit dapat lakukan pengecekan jika nasabah sudah pernah berhubungan dengan produk lainnya dari lembaga keuangan seperti kartu kredit, kredit motor, kredit mobil atau KPR.

Kredit tanpa agunan yang di miliki oleh bank mandiri memiliki dua segmen yaitu kta konvesional dan kta bank mandiri syariahyang polanya sedikit berbeda. Untuk yang syariah perhitungannya menggunaka sistem bagi hasil yang transparan dengan kesepakatan oleh kedua belah pihak.

Sedangkan untuk jenis pinjaman kta bank mandiri konvesional memiliki ragam jenis seperti : KTA dengan Tenor Panjang, kta bank mandiri payroll, KTA tanpa kartu kredit.

Syarat Pengajuan KTA Bank Mandiri

Produk ini merupakan sebuah solusi kepada nasabah bank mandiri yang biasa di tawarkan melalui marketing kta bank mandiri yang datang mengunjungi tempat bekerja nasabah apabila payroll menggunakan bank mandiri. Beberapa kemudahan yang di tawarkan oleh bank mandiri untuk mendapatkan fasilitas pinjaman kredit ini, diantaranya :

  • Persyaratan pengajuan kredit yang mudah dan proses yang cepat.
  • Pinjaman diajukan tanpa memerlukan agunan atau tanpa jaminan.
  • Penggunaan pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Suku bunga tetap (selama masa kontrak kredit).
  • Periode cicilan kredit disesuaikan dari 12 bulan – 120 bulan.
  • Mendapatkan perlindungan asuransi
  • Limit pinjaman yang cukup besar, hingga Rp 1 Milyar.

Tata cara untuk syarat pengajuan kta bank mandiridilakukan secara terpisah kepada pihak marketing dengan mengisi form permohonan untuk pengajuan pinjaman kredit serta beberapa dokumen pendukung lainnya diluar syarat kta bank mandiri yang utama seperti : surat keterang bekerja, surat domisili, dan pernyataan pemotongan secara debit setiap bulannya. Ada pun syarat utama yang juga wajib di penuhi adalah sebagai berikut :

Jika persyaratan diatas sudah dipenuhi maka pihak marketing akan memproses permohonan pengajuan nasabah baik yang sudah bekerja sama dengan bank mandiri dengan payroll program payroll. Begitu pun jika nasabah yang bukan dari bank mandiri dapat juga mengajukan pinjaman kta dengan program kta bank mandiri non payrol35.

Perhatikan pula dengan plafon yang di ajukan untuk pengajuan pinjaman. Biasanya bank akan menghitung lebih lanjut kemampuan bayar calon pemohon kredit. Lazimnya, semakin besar penghasilan nasabah maka pinjaman kta yang dapat disetujui dari bank juga akan semakin besar.

Tentu saja pihak bank juga akan mempertimbangkan apakah nasabah memiliki kartu kredit, disamping jumlah penghasilan. Jumlah pinjaman yang akan diberikan oleh bank juga dipengaruhi dari limit kartu kredit yang dimiliki oleh pemohon kredit.

Rata – rata besaran plafon pinjaman yang akan diberikan berkisar 4 sampai 5 kali lipat dari limit kartu kredit yang dimiliki. Setelah lolos dari verifikasi data, pihak bank akan menyetujui pengajuan KTA nasabah dengan pagu cicilan berkisar 40-60% dari total penghasilan nasabah.

Calon nasabah juga bisa menggunakan aplikasi simulasi kta bank mandiri yang bisa di cek dalam beberapa website online dan juga untuk kta mandiri online. Perhatikan tabel angsuran kta bank mandiri yang menyesuaikan dengan bunga kta bank mandiri terhadap besaran angsuran nasabah.

Meskipun produk KTA ini menawarkan banyak kemudahan dalam pengajuan dan prosesnya, baiknya lakukan secara lebih bijak dalam membuat keputusan. Agar tidak terjadi gagal bayar dikemudian  hari yanga akan mempengaruhi faktor kredibilitas kredit nasabah di bank. Pertimbangankan secara matang untuk menggunakan kredit tanpa agunan yang dikelurkan oleh pihak bank dan perlu diketahui bahwa KTA sering kali menawarkan bunga yang relatif tinggi kisarannya yang hingga mencapai 2,5 %.