Penjelasan Internet Banking BRI Berikut Aktifasinya Terbaru 2019

Internet Banking BRI – Layanan internet banking nyatanya sudah menjadi bagian dari layanan di setiap bank besar di Indonesia. Tidak terkecuali untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI). BRI ikut andil dalam mengembangkan kemajuan teknologi di bidang perbankan ini. Apalagi saat ini bank tersebut membeli satelit yang jangkauannya lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Bagi nasabah yang sudah mengenal layanan internet banking BRI pasti tidak asing dengan BRI Mobile. Dengan BRI Mobile, nasabah dapat melakukan kegiatan perbankan melalui smartphone yang mereka punya salah satunya adalah internet banking. Nasabah dapat mendownload aplikasi tersebut di Play Store secara gratis.

Apalagi, saat ini nasabah bank BRI dapat menggunakan layanan MultiAccount yang baru saja diluncurkan oleh BRI. Pada layanan ini memungkinkan nasabah yang mempunyai banyak nomor rekening BRI dapat menghandle seluruh akunnya hanya dengan satu User ID dan PIN saja. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi pihak nasabah sebab mereka tidak perlu repot untuk menghandle banyak nomor rekening yang mereka punya jika ingin melakukan transaksi perbankan melalui internet banking.

Penjelasan Internet Banking BRI Berikut Aktifasinya

INTERNET BANKING BRI

Gambar Logo internet banking bri

Seperti yang sudah diulas sedikit di atas bahwa internet banking BRI merupakan salah satu layanan yang ditujukan untuk nasabah bank BRI agar dapat melakukan kegiatan perbankan dengan mudah. Pada mulanya nasabah hanya bisa melakukan kegiatan perbankan melalui cara yang konvensional yaitu dengan mendatangi kantor cabang terdekat atau mesin ATM yang ada di sekitar. Namun, sekarang nasabah dapat melakukan kegiatan perbankan melalui sebuah aplikasi yang bisa didownload di smartphone atau komputer mereka. Beberapa kegiatan perbankan yang bisa dilakukan contohnya adalah cek saldo, mutasi rekening, transfer, melakukan pembayaran, dan fitur-fitur penunjang lainnya.

CARA DAFTAR INTERNET BANKING BRI

Sebelum Anda dapat menggunakan layanan internet banking dari BRI, terlebih dahulu Anda harus mendaftar di kantor cabang dan juga mesin ATM terdekat. Apabila Anda masih belum memahami bagaimana mekanisme detailnya, Anda dapat melihat tata cara mendaftar internet banking BRI berikut ini:

Registrasi di Mesin ATM

  1.  Kunjungi mesin ATM terdekat
  2.  Lalu masukkan kartu ATM Anda seperti biasa, masukkan password
  3.  Anda akan melihat beberapa menu yang ditampilkan di layar mesin ATM
  4.  Pilih menu registrasi
  5.  Kemudian pilih menu internet banking
  6.  Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memasukkan password sebanyak 6 digit. Masukkan password yang mudah diingat dan unik
  7.  Kemudian konfirmasi ulang password yang Anda masukkan tadi
  8.  Setelah semua selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berisi tentang User ID dan juga PIN

Mendaftarkan Akun di Website Resmi Internet Banking BRI

Selanjutnya, Anda harus mengunjungi website resmi bank BRI di www.ib.bri.co.id untuk mendaftarkan akun Anda. Ikuti langkah-langkah berikut:

  •  Kunjungi website ib.bri.co.id
  •  Kemudian pilh menu Login, klik
  •  Masukkan User ID dan juga PIN yang sudah Anda daftarkan di mesin ATM
  •  Masukkan kode validasi yang ada pada layar dengan benar
  •  Pilh bahasa yang Anda inginkan
  •  Lalu klik ENTER
Gambar daftar internet banking bri
Gambar daftar internet banking bri
  •  Setelah tahap tersebut, Anda akan diarahkan ke sebuah halaman yang berisikan tentang syarat dan ketentuan selama menggunakan layanan internet banking. Baca dengan cermat dan teliti. Setelah itu, klik Saya Setuju pada bagian bawah
  •  Kemudian, masukkan password atau PIN baru. Password baru yang diminta berisi 8 sampai 12 digit angka dengan kombinasi angka dan huruf. Pilih password yang mudah diingat namun unik
Gambar daftar internet banking bri versi mobile
Gambar daftar internet banking bri versi mobile
  •  Setelah itu biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan e-mail Anda yang aktif
  •  Kalau semua proses di atas sudah selesai, Anda akan melihat ucapan selamat datang pada tampilan layar website

Mendaftar mToken BRI

Pada tahap ini, Anda sebenarnya sudah bisa menggunakan layanan internet banking BRI. Akan tetapi hanya sebatas transaksi yang bersifat non finansial seperti cek saldo, mutasi rekening, dan transaksi non finansial lainnya.

Sedangkan apabila Anda ingin menikmati layanan yang bersifat finansial seperti transfer, Anda harus mendatangi kantor cabang untuk daftar mToken. Beberapa dokumen yang harus Anda siapkan adalah KTP, buku tabungan, kartu ATM, dan nomor handphone yang Anda gunakan saat ini. Setelah mToken Anda aktif, Anda dapat melakukan transaksi finansial maupun non finansial melalui layanan internet banking BRI. Akan tetapi, jika Anda melakukan transaksi finansial menggunakan layanan internet banking, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 per sekali transaksi.

LOGIN INTERNET BANKING BRI

Agar bisa menikmati layanan internet banking BRI, Anda harus melakukan login terlebih dahulu. Login di website resmin internet banking BRI. Jangan sampai Anda salah memasukkan alamat websitenya. Sebab, saat ini banyak sekali hacker yang berkeliaran dan menjebak mangsanya dengan cara membuat website tiruan. Jika Anda lebih teliti dalam mengetik alamat website, Anda akan mengetahui perbedaannya, mana website asli dan mana website tiruan.

Login internet banking BRI tidaklah sulit. Anda cukup mengikuti langkah-langkah singkat seperti di bawah ini:

  •  Kunjungi alamat ib.bri.co.id
  •  Kemudian, pada tampilan layar Anda akan melihat dua menu yaitu Demo dan juga Login. Klik Demo jika Anda ingin melihat terlebih dahulu panduan menggunakan internet banking. Namun apabila Anda sudah memahami bagaimana cara menggunakan internet banking, klik Login
Gambar login internet banking bri
  •  Masukkan User ID, password, dan juga kode validasi yang ada pada layar
  •  Jika semua data yang Anda masukkan benar, Anda akan menuju ke tampilan dashboard atau menu-menu yang berisikan tentang layanan internet banking
  •  Saat ini Anda sudah dapat menggunakan layanan internet banking sesuai dengan keperluan Anda
  •  Apabila Anda sudah selesai dengan keperluan Anda menggunakan internet banking, sebaiknya Anda mengklik Logout untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan

SITUS INTERNET BANKING BRI

Karena semakin maraknya kasus pencurian dana nasabah melalui layanan internet banking, maka Anda harus teliti ketika mengunjungi website resmi internet banking BRI. Alamat resmi internet banking BRI adalah www.ib.bri.co.id.

Perhatikan setiap kata dan juga penulisan pada alamat resmi tersebut. Sebab, hacker dapat membuat website tiruan untuk menjebak nasabah bank BRI dengan cara membuat website yang sama. Namun, jika Anda memperhatikannya, Anda akan mengetahui letak perbedaannya. Biasanya ada pada penulisannya. Mungkin ada salah satu huruf yang didouble sehingga nasabah yang ingin melakukan transaksi internet banking tidak sadar bahwa dia memasukin website yang salah.

Gambar tampilan halaman internet banking bri
Gambar tampilan halaman internet banking bri

BIAYA INTERNET BANKING BRI

Meskipun menggunakan layanan internet banking, Anda akan tetap dikenakan biaya ketika melakukan transaksi. Akan tetapi tidak semua transaksi dikenakan biaya. Transaksi yang berbayar adalah transaksi yang bersifat finansial seperti melakukan transfer. Sedangkan transaksi non finansial seperti cek saldo, mutasi rekening, dan lain sebagainya tidak berbayar alias gratis. Seperti yang sudah disinggung sedikit pada penjelasan di atas, bahwa biaya yang dibebankan kepada nasabah per transaksi finansial adalah Rp 500 yang langsung dipotong melalui pulsa.

CARA TRANSAKSI INTERNET BANKING BRI

Banyak transaksi yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan layanan internet banking BRI. Transaksi yang bersifat finansial maupun transaksi yang non finansial. Akan tetapi, seperti pada umumnya internet banking, Anda tidak dapat melakukan tarik tunai melalui layanan ini. Apabila Anda berkebutuhan untuk menarik tunai dana di rekening Anda, Anda tetap harus datang ke ATM terdekat atau ke kantor cabang.

Untuk melakukan beberapa jenis transaksi di internet banking BRI caranya sangat mudah.

  •  Kunjungi website ib.bri.co.id
  •  Login dengan menggunakan User ID dan Password milik Anda
  •  Kemudian pilihlah menu utama yang ada di bagian atas
  •  Pilihlah menu sesuai dengan kebutuhan Anda seperti Rekening, Transfer, Pembayaran, Pembelian, atau Layanan
  •  Di dalam menu utama tersebut, Anda akan menemukan beberapa sub-menu yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tampilannya seperti berikut
Gambar transaksi internet banking bri
Gambar transaksi internet banking bri

CARA TRANSFER LEWAT INTERNET BANKING BRI

Salah satu kemudahan yang bisa dinikmati oleh nasabah BRI yang sudah memiliki akses penuh untuk menikmati layanan internet banking adalah melakukan transfer. Transfer ke sesame bank sejenis atau pun antar bank dapat dilakukan melalui layanan ini. Apalagi, nasabah dapat melakukan transfer selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Ini artinya dapat membantu nasabah yang sedang terburu-buru untuk melakukan pembayaran yang bersifat mendesak. Selain itu, nasabah juga lebih bisa menghemat waktu karena tidak harus mengantre di mesin ATM atau pergi ke kantor cabang terdekat.

Inilah cara transfer lewat internet banking BRI:

Transfer Dana ke Sesama BRI

  •   Pertama-tama, kunjungi ib.bri.co.id
  •  Lalu Login dengan menggunakan User ID dan juga password yang Anda miliki
  •  Masukkan data tersebut dengan benar
  •  Setelah itu, Anda akan melihat tampilan di layar berupa beberapa pilihan menu di bagian atas
  •  Pilih menu Transfer
  •  Kemudian pilih sub-menu Transfer Sesama BRI.Anda dapat melihat tampilannya seperti gambar di bawah ini
Gambar transfer via internet banking bri
Gambar transfer via internet banking bri
  •  Kemudian masukkan nomor rekening BRI Anda
  •  Masukkan juga nomor rekening tujuan yang ingin Anda transfer dananya
  •  Lalu isi data yang diperlukan seperti jumlah uang yang akan ditransfer
  •  Jika semua data sudah terisi, klik Kirim
  •  Setelah itu, Anda akan melihat tampilan Rincian Transaksi. Di dalam rincian tersebut, pastikan Anda memeriksa setiap data yang telah Anda isi, apakah benar ataukah tidak. Apabila semua data yang ada pada layar adalah benar, klik Permintaan Token
Gambar permintaan token internet banking bri
Gambar permintaan token internet banking bri
  •  Sesaat kemudian Anda akan menerima kode mToken yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda
Gambar notifikasi internet banking bri
Gambar notifikasi internet banking bri
  •  Kemudian, masukkan password dan juga kode mToken pada halaman website yang sudah Anda buka tadi
  •  Setelah itu, klik Kirim
Gambar tahap akhir transfer internet banking bri
Gambar tahap akhir transfer internet banking bri

Transfer Dana ke Bank Lain

Sedangkan jika Anda ingin melakukan transfer dana ke rekening bank lain, Anda dapat melakukan tahapan seperti ini:

  •  Kunjungi website ib.bri.co.id
  •  Kemudian Login menggunakan User ID dan password Anda
  •  Pilih menu Transfer
  •  Pilih lagi menu Transfer Antar Bank
Gambar transfer antar bank via internet banking bri
Gambar transfer antar bank via internet banking bri
  •  Kemudian masukkan data seperti cara Anda mentransfer dana ke rekening sesama BCA
  •  Setelah itu klik Kirim
  •  Periksa data yang sudah Anda masukkan dengan teliti
  •  Jika semua data yang Anda masukkan benar, klik Permintaan Token
  •  Setelah mendapatkan sms dari IB BRI, masukkan kode mToken tersebut dan password ke dalam website yang sudah Anda buka
  •  Lalu klik Kirim
  •  Anda sudah berhasil melakukan transfer dana antar bank

CARA CEK SALDO INTERNET BANKING BRI

Layanan lain yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan internet banking BRI adalah cek saldo. Mengecek saldo secara berkala sangatlah penting. Selain untuk melihat kondisi keuangan, Anda juga dapat melihat apakah ada kejanggalan dengan saldo yang Anda miliki sekarang. Sebab, akhir-akhir ini sedang ramai pemberitaan di media bahwa saldo nasabah tiba-tiba menghilang padahal mereka tidak melakukan transaksi sama sekali.

Ini adalah jenis kejahatan terbaru. Di mana hacker dapat mengambil data Anda sehingga dapat melakukan penarikan dana tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemilik tabungan. Besaran kerugian yang diakibatkan karena hal ini pun berbeda-beda. Ada yang ratusan ribu hingga ada pula yang bernilai jutaan rupiah. Oleh sebab itu, lakukan cek saldo secara berkala dengan cara di bawah ini:

  •  Kunjungi website ib.bri.co.id
  •  Seperti biasanya, Login dengan menggunakan User ID dan Password Anda
  •  Kemudian pilih menu Rekening
  •  Pilih Informasi Saldo dan Mutasi
  •  Lalu pilih lagi sub-menu Saldo Tabungan. Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini
Gambar cara cek saldo internet banking bri
Gambar cara cek saldo internet banking bri
  •  Apabila Anda sudah mengetahui informasi mengenai saldo Anda, segera Logout untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data User ID dan password oleh hacker

Mudah bukan?

Ada cara lain untuk mengetahui saldo Anda saat ini tanpa harus mengakses ke jaringan internet, yaitu melalui SMS Banking. Caranya mudah, ketik SMS dengan format SALDO (spasi) PIN ATM kirim ke 3300. Sesaat kemudian, Anda akan mendapatkan SMS yang berisikan tentang informasi saldo Anda.

CEK MUTASI INTERNET BANKING BRI

Kemudahan lainnya yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan layanan internet banking BRI adalah Anda dapat melihat mutasi rekening Anda. Di dalam mutasi rekening, Anda bisa melihat arus kas uang yang ada di dalam rekening, seperti arus keluar dan arus masuk.

Mutasi rekening juga harus Anda cek secara berkala untuk melihat apakah benar Anda melakukan transaksi tersebut pada tanggal dan waktu sekian. Apabila benar, tidak jadi masalah. Akan tetapi, apabila tercatat ada transaksi yang Anda sama sekali tidak mengetahuinya, Anda dapat melakukan validasi ke kantor cabang terdekat.

Cara cek mutasi rekening hampir sama dengan cara cek saldo, sebagai berikut:

  •  Kunjungi website ib.bri.co.id
  •  Kemudian Login dengan User ID dan password Anda
  •  Pilih menu Rekening pada bagian atas
  •  Setelah itu pilih menu Mutasi Rekening pada bagian samping. Anda dapat melihat gambar di bawah ini
Gambar mutasi internet banking bri
Gambar mutasi internet banking bri
  •  Setelah Anda mengklik menu tersebut, maka Anda dapat melihat informasi mutasi rekening Anda seperti tampilan di bawah ini
Gambar tampilan mutasi internet banking bri
Gambar tampilan mutasi internet banking bri

Mutasi rekening juga bisa Anda gunakan sebagai pembukuan sederhana keuangan Anda. Anda dapat melihat ke mana saja anggaran dana yang sudah Anda tetapkan dalam satu bulan. Atau Anda juga bisa menggunakan data tersebut untuk mengevaluasi arus keluar dan juga masuk yang ada di dalam rekening Anda.

Melihat pentingnya mutasi rekening, tidak ada salahnya untuk Anda selalu mengecek secara berkala informasi mutasi rekening. Apalagi caranya sangat mudah dan juga Anda tidak memerlukan biaya untuk mencetak informasi tersebut.

Berbeda dengan apabila Anda mencetak mutasi rekening di kantor cabang, Anda biasanya akan dikenakan biaya per lembarnya. Hal ini tentu saja selain merepotkan karena harus datang ke kantor cabang, Anda juga akan mengeluarkan biaya untuk melihat arus kas Anda. Terlebih jika Anda memiliki banyak arus kas dalam beberapa bulan.

Demikianlah informasi tentang internet banking BRI yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kehidupan finansial Anda.

Baca juga : Penjelasan Internet Banking BCA dan Cara Daftarnya