Cara Cek Saldo BCA Via HP SMS Banking, ATM Terbaru 2019

Cara Cek Saldo BCA – Salah satu bank yang cukup terkenal dengan jumlah nasabah terbanyak adalah BCA (Bank Central Asia). Bahkan menurut sebuah data, jumlah rekening nasaba bank ini mencapai 14,8 juta. Berdasarkan data tersebut, cukup membuktikan bahwa BCA menjadi salah satu bank pilihan masyarakat secara umum.

Seiring berkembangnya zaman, BCA meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Cara yang ditempuhnya yaitu melalui pelayanan online untuk transaksi perbankannya. Fasilitas transaksi perbankan online tersebut bisa dinikmati nasabah melalui fitur andalan bank BCA, yaitu E-Banking.

Cara Cek Saldo BCA Via HP SMS Banking, ATM Terbaru 2018

BCA benar-benar memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melayani nasabahnya. Bahkan, nasabah tidak perlu repot-repot lagi untuk mengecek saldo. Karena mereka bisa mengecek saldo di mana pun dan kapan pun tanpa harus datang ke kantor cabang. Ini merupakan suatu kemajuan yang luar biasa di bidang perbankan.

Untuk mengecek saldo, nasabah bisa menggunakan beberapa cara cek saldo BCA, yaitu cara cek saldo BCA melalui SMS, mobile banking, internet banking, dan cara cek saldo BCA di ATM. Untuk mekanismenya, silahkan simak penjelasan yang ada di bawah.

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Gambar cara cek saldo bca lewat sms
Gambar cara cek saldo bca lewat sms

Cara pertama untuk cek saldo bca adalah melalui SMS. Lebih tepatnya nasabah menggunakan layanan yang juga disediakan oleh bank BCA, yaitu SMS BCA. Layanan ini dinilai memiliki sejumlah kelebihan.

Dengan menggunakan SMS BCA, nasabah dapat mengakses transaksi perbankan melalui smartphone yang mereka miliki. Selain itu, percakapan selama melakukan transaksi juga bisa di simpan. Tentunya, dengan menggunakan fasilitas ini nasabah dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Ini membuat layanan SMS BCA menjadi lebih efisien dan efektif untuk digunakan. Dan juga, nasabah dapat mengaksesnya melalui seluruh operator yang tersedia.

Cara cek saldo BCA via SMS sangat mudah. Anda hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor 69888 dengan format sebagai berikut:

Saldo <SPASI> <KODE kases> kirim ke 69888

Contoh : SALDO 1234 kirim ke 69888

Jika anda melakukan cara cek saldo BCA di HP Android melalui layanan SMS BCA, anda akan dikenakan biaya melalui pemotongan pulsa sebesar Rp 400-Rp 1.670.

Baca juga : Penjelasan Internet Banking BCA dan Cara Daftarnya

Cara Cek Saldo BCA Lewat Internet

Cara lainnya adalah melalui jaringan internet. Layanan yang menggunakan jaringan internet ini adalah Mobile Banking. Mobile Banking memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah anda tidak perlu berganti sim card untuk menggunakan layanan ini. Tidak hanya itu saja, mobile banking juga dinilai lebih hemat dibandingkan dengan SMS BCA. Dan juga, fitur ini sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Bagaimana cara cek saldo lewat Mobile Banking?

  1. Sebelumnya, download terlebih dahulu aplikasi M-BCA di smartphone anda
  2. Kalau sudah masuk ke aplikasi tersebut lalu lakukan login
  3. Pilih menu M-BCA>>M-Info>>Informasi Saldo
  4. Kemudian masukkan Pin M-BCA anda

Cara Cek Saldo Via Internet

Gambar cara cek saldo bca lewat internet
Gambar cara cek saldo bca lewat internet

Layanan perbankan lainnya yang menggunakan internet adalah layanan internet banking. Tentunya, anda harus memiliki koneksi ke jaringan internet untuk bisa menikmati layanan internet banking ini. Layanan ini disebut dengan KlikBCA.

KlikBCA juga mempunyai beragam kelebihan. Di antaranya yaitu sistem keamanan yang terjamin, dapat melakukan transaksi perbankan layaknya melakukan transaksi di mesin ATM, dan juga praktis digunakan.

Untuk bisa memanfaatkan layanan KlikBCA, ikuti langkah-langkah di bawah ini;

Sebelumnya, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Anda dapat melakukan registrasi melalui mesin ATM atau langsung ke bagian Customer Service. Jika anda melakukan registrasi via ATM, tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM seperti biasanya
  2. Pilih menu Daftar E-Banking>>Internet Banking
  3. Buat PIN yang berisi 6 digit angka
  4. Lakukan konfirmasi PIN
  5. Jika selesai, anda akan mendapatkan struk berisi user ID KlikBCA

namun, jika anda memilih untuk melakukan registrasi melalui customer service, anda harus datang ke kantor cabang dan mengikuti semua arahan yang diberikan oleh pihak bank.

Sedangkan untuk melakukan cek saldo menggunakan KlikBCA, tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website resminya di klikbca.com
  2. Lalu login dan pilih Individual atau Bisnis
  3. Input User ID dan PIN anda
  4. Pilih menu Informasi Rekening>>Informasi Saldo
  5. Jika anda sudah mendapatkan informasi saldo yang anda inginkan, segera logout

Baca juga : Penjelasan KlikBCA Individual Dan Cara Daftarnya 2018

Cara Cek Saldo Lewat ATM

Gambar cara cek saldo bca di atm
Gambar cara cek saldo bca di atm

Cara terakhir yang bisa anda pilih jika ingin mengecek saldo rekening anda adalah melalui mesin ATM. Ini merupakan cara manual namun masih memiliki peminat yang tinggi. Sebab, cara ini juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan cara-cara cek saldo BCAsebelumnya.

Beberapa kelebihannya antara lain dapat diakses setiap hari selama 24 jam, tersedia mesin ATM di berbagai daerah, dan segala jenis transaksi finansial dan non finansial dapat dilakukan menggunakan mesin ATM.

Untuk cek saldo melalui mesin ATM, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masukkan kartu ATM seperti biasanya
  2. Masukkan juga PIN ATM anda
  3. Kemudian pilih menu Transaksi Lainnya>>Informasi Saldo

Cara yang mana yang akan anda pilih?

Jika diharuskan untuk memilih, sebaiknya anda memilih cara yang paling mudah dan paling menguntungkan bagi anda. sebab, tidak semua orang memiliki kondisi yang sama seperti anda. ada yang lebih suka menggunaan cara yang manual, namun ada juga yang menyukai cara yang praktis karena mereka tidak punya banyak waktu.

Meskipun berbeda pilihan, satu hal yang pasti bahwa BCA menyediakan beragam fasilitas untuk nasabahnya dengan semaksimal mungkin. Tinggal bagaimana nasabah BCA menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan personal masing-masing. Tidak ada salahnya juga jika anda menggunakan semua cara di atas untuk mengecek saldo. Hal ini sebagai antisipasi barangkali ada salah satu cara di atas yang tidak bisa digunakan.

Mungkin seperti layanan internet banking yang tergantung dnegan kestabilan kondisi jaringan internet. Terkadang layanan internet banking mengalami error dan tidak bisa diakses oleh siapa pun. Agar terhindar dari permasalahan semacam ini, anda bisa menyediakan alternative lain untuk melakukan cek saldo.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan untuk manajemen keuangan anda.